Tips Tambal Ban Tubeless

0
8

Tips Tambal Ban Tubeless

Tips Tambal Ban Tubeless Di Rumah – Penggunaan ban pada kendaraan bermotor saat ini sudah mengalami evolusi yang sangat signifikan. Terbukti dengan hadirnya ban tubeless, yakni jenis ban yang tidak membutuhkan ban dalam untuk pemakaiannya. Penggunaan ban tubeless ini dinilai lebih praktis dan juga lebih awet dengan struktur ban yang tebal. Namun tidak menutup kemungkinan ban tubeless ini mengalami kebocoran disebabkan karena tertancap paku atau benda lain.

Sementara untuk proses penambalan ban tubeless ini tentu berbeda dengan  ban pada umumnya. Bahkan tidak semua tukang tambal ban menyediakan jasa tambal ban tubeless. Untuk itu, di sini akan dijelaskan beberapa cara menambal ban tubeless di rumah. Bagi anda yang tidak ingin ke bengkel hanya untuk menambal ban, anda bisa membeli peralatan tambal ban (tire repair kit).

Peralatan ini banyak dijual di toko-toko onderdil motor, atau juga bisa anda beli secara online. Penggunaan peralatan ini cukup mudah dan sama dengan yang ada di bengkel tambal ban. Namun jika anda ingin melakukannya sendiri di rumah, caranya adalah:

  • Lepaskan paku atau benda penyebab kebocoran

Ban tubeless memang memiliki struktur yang tebal dan hanya bisa bocor ketika ada benda yang menusuk seperti paku, kawat atau sejenisnya. Untuk dapat menambal ban tubeless di rumah yang pertama harus anda lakukan adalah mencari letak paku dan melepasnya. Anda bisa mencabutnya dengan palu pencatut atau tang.

  • Buat lubang pada luka bocor

Berbeda dengan ban biasa, ban tubeles ini justru harus dilubangi pada bagian yang bocor. Anda bisa menggunakan alat pada tire repair kit, yang memiliki sebuah ujung berbentuk seperti ujung mur untuk membuat lubangnya.

Setelah selesai membuat lubang, langkah menambal ban tubeless di rumah  yang selanjutnya adalah masukkan material penambal (berbentuk karet) ke lubang bocor yang sudah anda buat. Masukkan karet penambal tersebut dengan alat semacam pengait yang sudah anda beri lem. Pastikan karet penambal benar-benar masuk ke bagian dalam ban.

  • Pompa jika sudah mengering

Setelah karet terpasang dengan benar, tunggu hingga hasil tambalan mengering dan menutupi lubang bocor. Jika masih ada sisa karet, maka bisa anda gunting sejajar dengan ban agar tidak terlihat menonjol. Jika sudah kering, maka ban sudah bisa anda pompa dan pastikan tambalan yang anda buat sudah rapat.

Untuk menambal ban tubeless di rumah bukanlah perkara sulit jika anda memiliki peralatan tire repair kit. Bahkan proses ini akan lebih mudah anda lakukan sendiri jika mengetahui ban anda bocor tanpa harus ke bengkel. Sehingga ban anda tidak akan cepat rusak karena kebocoran lebih cepat anda atasi. Itulah masbro Sedikit Tips Tambal Ban Tubeless

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here